Lumut Tidak Baik Untuk Tanaman Hidroponik
Pengetahuan Umum

4 Alasan Lumut Tidak Baik Untuk Tanaman Hidroponik

Lumut ternyata tidak baik untuk tanaman hidroponik karena lumut dapat mengonsumsi nutrisi yang seharusnya tersedia untuk tanaman. Sehingga para petani hidroponik harus selalu rajin memperhatikan setiap tumbuh kembang tanaman hidroponik. Sebab lumut dapat tumbuh kapan saja pada talang maupun kolam/penampungan nutrisi jika media hidroponik kurang terjaga kebersihannya.

Setidaknya ada empat alasan lumut tidak baik untuk tanaman hidroponik. Berikut alasannya untuk anda ketahui.

  • Lumut Tumbuh Membutuhkan Nutrisi

Tanaman lumut tumbuh membutuhkan nutrisi sehingga untuk dapat bertahan hidup lumut akan mengonsumsi nutrisi yang tersedia untuk tanaman hidroponik. Nah jika sudah demikian maka tanaman yang anda tanam akan kekurangan nutrisi karena sudah berebutan dengan lumut.

  • Lumut Menghasilkan Bau Tidak Sedap

Tanaman lumut menghasilkan bau tidak sedap sehingga sayuran hidroponik yang ditanam bisa menghasilkan bau yang kurang segar. Dengan demikian jika lumut sudah mulai muncul pada sistem hidroponik sebaiknya singkirkan saja lumut tersebut.

  • Lumut Mengurangi Tingkat Keasaman

Selain tumbuh membutuhkan nutrisi dan menghasilkan bau tidak sedap, tanaman lumut juga dapat mengurangi tingkat keasaman dalam air. Sebagaimana diketahui bahwa tanaman yang menyerap nutrisi dengan baik dalam metode hidroponik berada pada tingkat pH air 5,8 hingga 6,5. Maka dengan hadirnya lumut pada tanaman hidroponik itu berarti keasaman air akan berkurang. Hal ini dapay mengganggu kemampuan tanaman hidroponik untuk menyerap nutrisi sebagaimana mestinya.

  • Lumut Mengonsumsi Oksigen

Lumut juga akan mengonsumsi oksigen dalam larutan nutrisi di malam hari. Bahkan bisa pula menghasilkan produk beracun. Nah ini jugalah yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman hidroponik.

Setelah mengetahui berbagai alasan tersebut, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam menghilangkan lumut yang tumbuh pada sistem hidroponik.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meminimalisir Pertumbuhan Lumut

a. Membersihkan talang usai panen secara berkala

b. Jika pembesaran bibit tanaman dilakukan menggunakan talang maka sebaiknya bersihkan talang pembibitan setiap bibit pindah talang

c. Minimalisir cahaya masuk ke dalam talang sistem hidroponik

d. Membuat penutup pada tandon dan gunakan tandon serta selang yang tidak tembus cahaya matahari

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.