hama tanaman hidroponik
Tanaman Hidroponik

5 Cara Memberantas Hama Pada Tanaman Hidroponik

Hama pada tanaman hidroponik bisa saja muncul, oleh karena itu anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Sebab jika dibiarkan secara terus menerus, hama tanaman bisa merusak tumbuh kembang tanaman itu sendiri.

Bagi anda yang sedang mencari tahu bagaimana mengatasi hama pada tanaman hidroponik, berikut beberapa cara yang dapat membantu anda.

  • Tanaman Cacat

Resiko tanaman cacat bisa saja terjadi pada tanaman hidroponik. Namun pada umumnya tanaman cacat disebabkan oleh serangan hama kutu. Dampaknya lainnya, tanaman bisa mengerdil, daun tampak bergulung, hingga batang lemah. Untuk mengatasinya, sebaiknya buang saja semua tanaman yang terinfeksi agar mengentikan penyebaran. Jika anda menggunakan bahan kimia anda bisa menyeprotkan malatbion pada tanaman hidroponik anda.

  • Batang dan Buah Berlubang

Ketika buah penuh lubang maka hal ini bisa menurunkan kualitas buah itu sendiri. Nah jika tanaman terjadi demikian langkah yang bisa anda lakukan yaitu menyingkirkan ulat penggerek. Karena biasanya penyebab batang tanaman serta buah penuh lubang adalah karena ulat penggerek. Waktu yang paling tepat mengatasi permasalahan ini saat malam hari.

  • Tangkai Busuk

Masalah yang bisa saja dihadapi para petani saat bercocok tanam hidroponik adalah tangkai tanaman menjadi busuk akibat jamur. Nah, yang bisa anda lakukan yaitu memangkas bagian tanaman yang terserang jamur. Lalu pastikan pula tanaman hidroponik memperoleh air yang cukup.

  • Daun Berlubang

Hama tanaman hidroponik juga bisa menyebabkan daun menjadi berlubang. Jadi jika ini sudah terjadi cara yang bisa anda lakukan yakni periksa semua bagian tanaman terlebih dahulu. Lalu ambil satu persatu ulat-ulat tanaman secara manual. Anda mungkin bisa menggunakan sarung tangan atau kayu kecil untuk menyingkirkan ulat. Namun jika anda memilih untuk menggunakan bahan kimia, anda bisa menyemprotkannya secara langsung ke seluruh bagian tanaman yang berulat.

  • Daun Menguning

Penyebab daun menguning bisa terjadi karena serangan lalat putih. Bahkan bukan hanya menguning, daun juga tampak layu. Jadi yang perlu anda lakukan ialah menjauhkan tanaman dari serangan lalat putih. Kemudian bersihkan tanaman yang sudah terserang lalat putih dengan menggunakan air hangat serta sabun. Cara kimiawinya bisa dengan menyemprotkan malathion atau rotenone selama 2 kali dalam seminggu.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.