Tanaman Hidroponik

5 Jenis Rempah yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Bisakah tumbuhan rempah ditanam secara hidroponik? Mungkin pertanyaan seperti ini pernah muncul di benak anda. Sebagai jawabannya, tumbuhan rempah ternyata bisa ditanam dengan metode hidroponik.

Rempah-rempah sendiri merupakan bagian tumbuhan yang memiliki aroma dan rasa yang kuat saat digunakan dalam jumlah kecil. Biasanya rempah-rempah digunakan para koki maupun ibu rumah tangga untuk memasak makanan. Tak hanya bisa dicampurkan ke dalam olahan makanan saja, rempah juga bisa ditambahkan sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Dengan demikian, para ibu rumah tangga sebenarnya bisa menanam tanaman rempah-rempah di sekitar rumah meski lahannya sempit. Caranya yaitu dengan metode hidroponik. Sebab masakan akan terasa lebih enak lagi kalau diberi rempah segar. Berikut jenis-jenis rempah yang bisa ditanam secara hidroponik.

1. Rosemary

Rosemary hidroponik memerlukan waktu 12 minggu untuk mendapatkan masa panen. Sebagai tips, sebaiknya tanam rosemary dari bibit saja. Meski tumbuhan ini cenderung tumbuh lebih lama tetapi rosemary bisa anda manfaatkan sebagai bahan tambahan.

2. Daun Ketumbar

Daun ketumbar memiliki wangi yang khas. Jika anda menanamnya secara hidroponik, waktu yang anda butuhkan yakni sekitar 50 sampai 55 hari supaya bisa dipanen. Tanaman akan tumbuh dengan baik di air yang memiliki pH 6,5 – 6,7. Akan tetapi perhatikan pula kelembabannya ya. Pasalnya bila terlalu lembab, daun ketumbar akan menimbulkan bercak.

3. Basil

Daun basil berbentuk seperti kemangi dan cukup populer bagi dunia kuliner. Anda bisa menanamnya secara hidroponik melalui bibit maupun batang tanaman. Tapi saat menanam basil usahakan pula suhunya berada pada rentang suhu 21 – 26 derajat celcius agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

4. Chamomile

Mungkin anda sering mendengar nama teh chamomile. Ya, tanaman yang kaya akan antioksidan ini ternyata bisa juga ditanam secara hidroponik. Bibit bunga chamomile membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua minggu untuk berkecambah. Untuk itu pilihlah bibit yang paling bagus sebelum menanam benih chamomile. Selain itu tanaman ini letakkan pada tempat yang terkena cahaya 16 setiap harinya.

5. Oregano

Oregano merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam jenis-jenis rempah. Adapun tanaman ini masih satu keluarga dengan mint. Selain itu oregano juga sering dimanfaatkan untuk berbagai olahan masakan. Jika anda menanamnya secara hidroponik tentu ini akan lebih memudahkan anda jika sewaktu-waktu membutuhkan oregano untuk masakan. Tanaman oregano hidroponik dapat tumbuh subur di air dengan pH antara 6 – 9 sedangkan masa panennya sendiri membutuhkan waktu sekitar 8 minggu.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.