Tanaman Hidroponik

Manfaat Mengonsumsi Selada Hidroponik Bagi Ibu Hamil

Bunda, manfaat mengonsumsi selada bagi ibu hamil akan dijelaskan di bawah ini karena ketika hamil, bumil pasti melakukan penjagaan penuh kehati-hatian, termasuk urusan mengonsumsi makanan yang sehat.

Ibu hamil juga diwajibkan untuk terus memperhatikan asupan nutrisinya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi sayuran hijau untuk memenuhi asam folat.

Dan ternyata, selada adalah salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung asam folat. Meski sebenarnya ibu hamil tak disarankan untuk memakan makanan mentah tapi selada masih bisa dikonsumsi setelah dicuci bersih.

Mencegah Cacat Lahir

Semua ibu di seluruh dunia pasti tak akan menginginkan anaknya lahir dengan tidak normal, termasuk resiko cacat lahir. Setiap ibu akan mengusahakan yang terbaik untuk tumbuh kembang janinnya.

Dan manfaat mengonsumsi selada bagi ibu hamil yang pertama adalah mencegah resiko cacat lahir pada bayi karena selada mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan sistem saraf sehat pada bayi. Dan kandungan vitamin K nya juga dapat mencegah resiko pendarahan pada ibu hamil.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang kedua bagi ibu hamil adalah serat dalam selada bisa membantu melancarkan pencernaan selama hamil. Seringkali perubahan hormon akan membuat pencernaan terganggu, jadi serat sangat diperlukan di sini.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bagi bunda yang keseringan susah tidur/kekurangan tidur, mengonsumsi selada mampu membantu masalah tidur anda. Kandungan dalam sayur selada memberikan sinyal pada jaringan saraf otot untuk rileks. Jadi selada bisa jadi makanan yang menginduksi tidur alami dan membantu tidur agar lebih nyenyak.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol bagi ibu hamil sangat membahayakan bagi kehamilan. Untuk itu bunda dapat mengonsummsi sayur selada karena selada dipercaya mampu menjaga kadar kolesterol bahkan bisa menurunkannya. Untuk itu jugalah kira-kira mengapa selada cukup sering ada pada menu lalapan makanan berminyak.

Mengurangi Inflamasi

Manfaat mengonsumsi selada selanjutnya adalah bisa mengurangi bengkak selama masa kehamilan karena selada juga punya sifat anti inflamasi yang baik sehingga  Sel-sel tubuh cenderung tertekan dan stres selama hamil jadi anti inflamasi sangat dibutuhkan tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Selada dengan warna hijaunya yang segar memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu menetralisasi radikal bebas dan menjaga sel-sel sehat. Tingginya antioksidan seakan obat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Mencegah Kanker

Karena antioksidannya yang tinggi, selada memiliki sifat anti kanker, bisa mencegah kerusakan DNA selama hamil. Antioksidan yang tinggi juga bisa menjaga sel-sel dari kemungkinan berubah abnormal dan menjadi kanker.

Baca Juga: Merasakan Manfaat Dari Hidroponik

Ketujuh manfaat mengonsumsi selada di atas baguslah untuk kita rasakan pada saat kehamilan. Selada bisa dimakan begitu saja menjadi sebuah lalapan atau diolah menjadi salad. Tapi alangkah baiknya jika kita mempunyai tanaman selada sendiri di rumah.

Hasilnya pasti lebih sehat karena terbebas dari pestisida dan tanaman juga kita rawat dengan sepenuh hati. Selain itu, kapanpun kita ingin konsumsi sudah tersedia di pekarangan rumah.

Bumil juga tidak akan susah-susah lagi harus pergi ke pasar untuk membeli sayur selada dan memilih mana sayur selada yang masih segar. Tapi rumah yang tak memiliki halaman yang cukup apa bisa???

Jawabnya tentu bisa.

Bercocok tanam secara hidroponik tidak selalu harus memiliki lahan yang luas. Bisa diletakkan pada halaman belakang atau depan rumah anda. Bisa juga pada balkon lantai atas rumah. Untuk pemula, bercocok tanam secara hidroponik dapat melakukan cara sederhana di bawah ini.

Memanfaatkan Pipa Bekas Pakai

Bahan:
–    Pipa bekas
–    Alat untuk melubangi pipa
–    Gelas plastik bekas
–    Air
–    Ember
–    Larutan nutrisi

Cara membuat media hidroponik pipa bekas:

  1. Lubangi pipa bekas sesuai dengan ukuran gelas plastik yang akan digunakan.
  2. Buat jarak antar lubang sekitar 20 cm, agar tanaman bisa tumbuh optimal.
  3. Tutup lubang ujung pipa dengan penutup pipa.
  4. Selesai dengan pipa, siapkan gelas plastik. Beri lubang kecil di bagian bawah untuk penyerapan air dan pergerakan akar tanaman.
  5. Masukkan bibit yang sudah tumbuh ke dalam gelas plastik. Penuhi gelas plastik dengan sisa-sisa rockwool.
  6. Buat larutan nutrisi dalam ember, sesuai petunjuk dalam larutan nutrisi yang dibeli.
  7. Letakkan pipa bekas yang sudah dilubangi pada posisi tetap, bisa digantung atau diberi penyangga. Sebelumnya beri jalur air dua arah di setiap ujung pipa menggunakan pipa atau selang kecil.
  8. Alirkan air dari ember ke pipa bekas, lalu letakkan bibit hidroponik ke dalam lubang yang sudah dibuat di awal.
  9. Beri perawatan yang baik, dan tunggu waktu panen.

Keuntungan menggunakan pipa bekas untuk hidroponik ialah kemampuan pipa menampung banyak tanaman, dan kemudahan dalam mengalirkan air dan larutan nutrisi. Apakah bunda tertarik untuk membuat selada hidroponik sendiri? Selamat mencoba, semoga bunda selalu sehat.

Jika anda mengalami tukak pada lambung, cara mengobati tukak lambung secara aman adalah dengan mengkonsumsi jual Cytotec. Anda bisa membelinya di apotik terdekat.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.