Manfaat Mengonsumsi Sayur Mayur
Pengetahuan Umum

Menerapkan Pola Hidup Sehat, Ini Manfaat Mengonsumsi Sayur Mayur

Mengonsumsi sayur mayur tentulah menimbulkan segudang manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Sebab sayuran banyak mengandung gizi serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena itu penting untuk tidak melewatkan hidangan sayur pada menu makanan sehari-hari.

Berbeda jenis sayur maka berbeda pula sumber nutrisinya. Tapi umumnya sayuran banyak mengandung vitamin, asam folat, serta potassium.

Ada begitu banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Bahkan untuk mendapatkan sayuran yang lebih segar, para ibu rumah tangga kini sudah banyak yang menanam tanaman sayur sendiri di perkarangan rumah. Sehingga ketika panen, ibu langsung dapat memetiknya sendiri dan menjadikannya sebagai olahan masakan lezat.

Menanam tanaman sayur juga tidak harus memerlukan lahan yang luas atau permukaan yang lebar. Anda bisa bercocok tanam dengan metode hidroponik (untuk panduan bercocok tanam secara hidroponik klik tahapan bercocok tanam hidroponik untuk kaum pemula). Selain menghemat lahan, cara ini juga dinilai lebih modern. Metode hidroponik juga tidak menggunakan pestisida dalam proses perawatan tanaman. Oleh karena itu hasil tanaman metode hidroponik kerap dinilai lebih sehat.

Berdasarkan lansiran P2PTM Kemenkes RI, manfaat mengonsumsi sayur mayur antara lain sebagai berikut.

  1. Mencegah dan mengurangi stres berlebih
  2. Memperlancar buang air besar
  3. Mencegah penyakit jantung dan kanker
  4. Mempertahankan berat badan seimbang
  5. Sumber energi tubuh
  6. Membersihkan racun dalam tubuh (detoksifikasi)
  7. Mencegah kelahiran bayi cacat
  8. Menjaga kesehatan mata
  9. Membuat kulit sehat
  10. Memperkuat tulang
  11. Menu makanan sehat

Beberapa jenis sayuran ada yang bisa dikonsumsi langsung setelah proses panen. Namun ada pula yang harus melakukan proses pengolahan terlebih dahulu. Walaupun demikian, kedua cara tersebut sama-sama tetap bisa menutrisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Kemudian jangan lupa untuk selalu mencuci sayuran sebelum dikonsumsi dalam bentuk apapun.

Selain itu untuk menambah cita rasa olahan, sebagian besar orang akan menambahkan bumbu dapur atau rempah-rempah saat mengolah sayur. Secara umum hidangan sayur sangat sering dikonsumsi bersama nasi dan lauk saat jam makan. Kendati demikian, salad sayur juga menjadi salah satu alternatif untuk mengolah sayuran.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.