melubangi pipa paralon
Media dan Instalasi

Panduan Mudah Melubangi Pipa Paralon Untuk Kegiatan Hidroponik

Melubangi pipa paralon adalah satu dari sekian hal lain yang wajib anda perhatikan saat memutuskan untuk bercocok tanam secara hidroponik. Sebab jika salah melubangi maka pipa bisa menjadi kurang bermanfaat. Pun demikian, saat hendak melubangi pipa paralon juga penting untuk mengetahui apakah menggunakan bor ataupun tidak.

Pipa paralon sejauh ini memang sudah umum dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian modern, khususnya di perkotaan besar. Sebab pipa paralon bisa dimanfaatkan untuk sistem hidroponik NFT maupun wick system (sumbu). Dimana pipa paralon akan berfungsi sebagai penyangga netpot serta wadah aliran nutrisi saat menggunakan sistem hidroponik NFT. Sementara jika menggunakan wick system, pipa paralon akan berfungsi sebagai tandon nutrisi. Jadi supaya netpot ataupun cup bisa stabil diperlukanlah lubang pipa tersebut.

Lantas menggunakan bor listrik memang merupakan tindakan yang lebih praktis untuk proses pelubangan pipa paralon. Namun jika petani tidak memiliki bor listrik maka sebenarnya masih ada cara lain yang bisa anda terapkan untuk melubangi pipa.

Cara Melubangi Pipa Paralon Untuk Kegiatan Hidroponik

Berikut ini merupakan cara untuk melubangi pipa paralon, antara lain:

  • Sediakan Terlebih Dahulu Alat dan Bahan

Untuk memulai proses pelubangan, sediakan beberapa alat dan bahan seperti pipa paralon, lilin sedang, cutter, penggaris, pensil, dan juga kertas. Untuk hal ini alangkah baiknya menggunakan pipa berkualitas agar pipa sebagai media hidroponik bisa lebih tahan lama. Sebagai rekomendasi, pipa denya merupakan produk pipa berkualitas yang sudah teruji dan terkenal di Indonesia bahkan menyamai kualitas internasional.

  • Buat Garis Tengah

Setelah menyiapkan seluruh bahan dan alat yang diperlukan, langkah selanjutnya yaitu membuat garis tengah pipa paralon. Dalam hal ini buatlah pola lingkaran menggunakan kertas. Namun sesuaikan dengan ukuran netpot atau cup anda.

  • Panaskan Bagian Lingkaran

Hal selanjutnya yaitu mulai memanaskan lilin yang sudah disediakan sebelumnya. Kemudian panaskan bagian lingkaran yang hendak anda lubangi. Namun jika ingin lebih praktis lagi maka manfaatkan saja alat pengering rambut (hair dryer) untuk memanaskan pipa.

  • Potonglah Sesuai Pola

Untuk hal ini gunakan cutter untuk memotong pipa sesuai dengan pola. Potong dengan hati-hati dan rapi semua lingkaran.

  • Masukkan Netpot atau Cup ke Lubang

Hal terakhir yaitu memasukkan netpot ke dalam lubang yang sudah selesai anda kerjakan. Anda bisa memanfaatkan cup bekas air mineral bila tidak punya netpot. Susun semua netpot anda pada paralon yang sudah berlubang.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.