Pengetahuan Umum

Penyebab Kegagalan Petani Hidroponik Pemula

Umumnya penyebab kegagalan petani hidroponik pemula adalah karena ingin cepat kaya. Sehingga kegiatan berkebun secara hidroponik tidak bisa berlangsung dalam jangka panjang. Padahal sebenarnya jika dilakukan dengan sabar dan penuh wawasan maka hidroponik merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan.

Nah dengan demikian bagi anda yang hendak berkecimpung dalam dunia hidroponik, berikut penyebab kegagalan petani hidroponik pemula yang bisa anda pahami terlebih dahulu. Hal ini tentu bertujuan supaya anda terhindar dari kegagalan tersebut dan supaya terhindar juga dari kebangkrutan.

Ingin Cepat Kaya

Setiap orang yang melakukan sebuah usaha bisnis memang kerap memikirkan untung dan rugi. Baik itu dalam bisnis apapun. Nah jika anda melakukan kegiatan bercocok tanam secara hidroponik sebagai jalan bisnis anda maka cobalah untuk tidak berpikir cepat kaya. Dalam permulaan usaha, anda hanya perlu memikirkan modal seperlunya serta pengetahuan yang luas.

Pada awal, anda harus ulet mencari tahu tentang seluk beluk dunia hidroponik. Caranya dengan banyak membaca maupun bertanya kepada orang yang sudah sukses bercocok tanam hidroponik. Selain itu kalau bisa hindari pula berpikir untuk menyewa seseorang dalam menjalankan usaha hidroponik anda. Sebaiknya anda yang turun langsung. Hitung semua berapa pengeluaran untuk tanaman dan media tanam anda. Gagal itu memang bisa saja terjadi. Jadi anda hanya perlu tekun dan ulet.

Buta Tentang Pasar dan Pemasaran

Maksunya di sini adalah ketidakmampuan petani hidroponik dalam membaca situasi pasar. Misalnya sang petani hanya mendengar dari omongan orang saja tentang harga selada dan tidak mengecek langsung ke pasar. Ini tentu bisa membuat para petani sering ingin menanam tanaman yang hasil panennya berharga mahal saja agar mendapat untung yang lebih banyak.

Namun bukan hanya itu saja, petani hidroponik pemula juga harus bisa mengetahui kemana nantinya hasil panennya akan dijual. Apakah ke pasar tradisional atau justru bisa menembus pasar modern. Anda harus cermat memahami kondisi pasar dan pemasaran.

Manajemen Kebun yang Tidak Baik

Manajemen kebun yang tidak baik juga bisa menjadi salah satu penyebab petani hidroponik pemula gagal dalam bercocok tanam. Adapun kesalahan yang paling sering terjadi adalah lalai dalam penjadwalan tanam atau lalai mengatur siklus panen.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.