Tanaman Hidroponik

Supaya Rasanya Lebih Nikmat, Yuk Ikuti Cara Panen Tomat Ini

Untuk menuai hasil panen tomat yang maksimal, diperlukan cara tepat untuk melakukannya. Karena salah satu bagian yang paling menarik dari menanam tomat adalah kegiatan memanen.

Cara panen tomat yang baik dilakukan saat masa panen telah tiba atau ketika tanaman sudah cukup umur untuk dipanen. Biasanya sebagian orang akan memetik langsung buah tomat setelah menunggu beberapa waktu setelah proses tanam. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya ada beberapa hal yang memengaruhi hasil tomat?

Supaya rasanya lebih nikmat, terdapat cara panen tomat yang baik dan benar.

  1. Gunakan Sea Salt Sebagai Pupuk

Penggunaan garam memang bisa berdampak buruk bagi tanaman. Namun itu berlaku hanya ketika menambahkan garam dengan porsi sangat banyak ke tanaman.

Beberapa penelitian dan uji rasa bahkan menunjukkan bahwa tomat yang ditanam dengan air payau yang asin pada akhirnya akan terasa lebih enak. Namun bukan berarti pula anda harus tinggal di dekat laut untuk mencobanya sendiri.

Jadi sebagai solusinya, anda bisa menggunakan SEA-90 yang merupakan pupuk organik dengan kandungan sea salt. Jenis pupuk yang satu ini bisa ditambahkan ke tanaman tomat namun pastikan pula untuk mengikuti semua petunjuk pakainya. Berikan sesuai dengan batas yang tertera atau sedikit saja.

  1. Masa Panen yang Tepat

Tidak sedikit orang yang mengandalkan mata untuk mengetahui kapan harus memetik tomat yang sudah matang. Sekalipun memperhatikan warna bisa mendapatkan rasa terbaik tetapi anda juga membutuhkan indra peraba. Gunakan tangan anda untuk ini.

Sebelum memetik tomat, cobalah tekan tomat dengan lembut dan juga hati-hati. Jika tomat sudah terasa lunak berarti tandanya tomat sudah terlalu matang. Panen tomat akan lebih mudah lepas dari tanaman meski hanya berupa sentakan lembut.

  1. Jangan Langsung Dimakan

Merasakan langsung hasil panen sendiri dapat memberikan sensasi yang lebih menggugah selera. Mungkin anda sungguh tidak sabar melihat tomat yang sudah matang dan berwarna kemerahan setelah dipetik sendiri. Rasanya ingin segera mencicipinya. Namun alangkah lebih baik tunggu saja selama 1 atau 2 hari setelah dipetik untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.