teknologi hidroponik paling maju
Pengetahuan Umum

5 Negara dengan Teknologi Hidroponik Paling Maju di Dunia

Dalam dunia hidroponik, pasti ada teknologi hidroponik paling maju yang diusung oleh negara-negara di dunia. Karena selama bertahun-tahun, teknologi hidroponik telah berkembang demi memenuhi kebutuhan pasar akan buah-buahan, sayuran, maupun sumber pangan lainnya.

Hidroponik sendiri menjadi salah satu kegiatan bercocok tanam praktis yang mudah dilakukan oleh siapapun. Hanya saja modal atau biaya kerap menjadi kendala ketika hendak memulai kegiatan hidroponik. Namun meski demikian biasanya hasil panen yang didapat dari kegiatan hidroponik lebih menguntungkan dari teknik menanam konvensional. Hasil panen hidroponik lebih berat dan besar, segar, serta lebih sehat karena ketiadaan penggunaan pestisida. Sehingga nilai jual sayuran/buah hidroponik pun tergolong mahal.

Nah, tentu hal itu juga tidak terlepas dari teknologi hidroponik yang digunakan. Melansir dari berbagai sumber berikut ada 5 teknologi hidroponik paling maju yang digunakan oleh 5 negara di dunia.

  • Prancis

Fasilitas penelitian dan berbagai eksperimen tentang hidroponik disponsori oleh pemerintah Prancis. Ketimbang teknik tradisional, metode hidroponik di Prancis mengungguli pengolahan tanah dengan pertumbuhan yang lebih cepat. Kualitas tanaman juga dijaga ketat sehingga punya reputasi yang sangat baik.

  • Belanda

Belanda juga mengusung teknologi hidroponik paling maju dan sangat berkembang pesat selama bertahun-tahun. Berbagai macam bunga hidroponik di Belanda diproduksi secara massal dan kemudian diekspor ke seluruh dunia demi memenuhi permintaan global.

  • Australia

Negara Australia telah menempatkan teknologi hidroponik selama beberapa dekade belakangan. Bahkan mereka juga terbukti sangat cepat mengenali metode hidroponiknya. Hasilnya akan diekspor ke negara-negara Pacific Rim atau ke negara tetangga mereka di bagian utara. Oleh karena itu mereka menjadi salah satu pemeran daging internasional tentang hidroponik. Informasi lainnya selada hidroponik mereka digunakan untuk garnishing McDonald Big Mac

  • Inggris

Salah satu prestasi yang paling signifikan dalam dunia teknologi hidroponik adalah penemuan NFT (Nutrient Film Technique) oleh negara Inggris. Bahkan mereka juga membangun pusat penelitian hidroponik maju bernama Stockbridge House, di daerah Timur Laut Inggris

  • Israel

Israel telah mengembangkan reputasi besar untuk membuat gurun hijau yang mekar, yakni hidroponik. Hidroponik sudah diakui lama sebagai metode logis untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan sangat terampil dalam hal itu sekalipun daerahnya tandus. Tak hanya itu teknik hidroponik juga dinaikkan ke level yang lebih tinggi yaitu aeroponik, bahkan lebih maju dari teknik nutrient film. Dengan mengalirkan air yang kaya akan oksigen, para peneliti Israel menemukan bahwa mereka bisa mencapai tingkat pertumbuhan dan hasil tanaman yang lebih sehat.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.