manfaat selada air
Pengetahuan Umum

Berbagai Macam Manfaat Rutin Mengonsumsi Selada Air

Berbagai macam manfaat bisa diperoleh dari mengonsumsi sayur selada air. Selada air termasuk ke dalam jenis tumbuhan menahun yang cepat tumbuh. Adapun jenis sayur yang satu ini bersifat akuatik dan semi-akuatik dan biasanya ditanam secara hidroponik. Selain itu selada air juga menjadi salah satu daun tertua yang dikonsumsi manusia.

Selada air (Nasturtium officinate, N. microphyllum) mengandung berbagai varian nutrisi seperti vitamin, kalori, karbohidrat, protein, serat, yodium, nitrogen, dan juga sulfur. Oleh karena itulah orang-orang sering mengolah jenis sayuran hijau yang satu ini sebagai hidangan sehari-hari yang memiliki rasa lezat. Beberapa bentuk olahan selada air selain sebagai lalapan adalah hidangan oseng, sup, dan juga tumis. Bahkan selada air merupakan salah satu pencuci darah yang baik.

Secara umum tanaman sayur asli Eropa dan Asia ini memiliki tampilan yang berbeda dari selada biasanya. Selada air justru mungkin memiliki penampilan yang hampir sama seperti sayur kangkung atau bayam. Hal ini karena tampilan daun selada air berbentuk bulat kecil dengan tangkai yang kurus.

Per 100 gram selada air saja sudah terdapat sekitar 17 kalori yang kemudian diubah menjadi energi, sekitar 2,2 karbohidrat, 0,7 gram serat, serta 3,1 gram protein. Lantas apa saja manfaat dari mengonsumsi selada air?

10 Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut sepuluh manfaat yang bisa anda peroleh ketika rutin mengonsumsi sayur selada air.

  1. Mencegah kanker.
  2. Memperkuat sistem imun.
  3. Mengurangi potensi serangan jantung.
  4. Menjaga kesehatan penglihatan (mata).
  5. Menjaga hormon tiroid.
  6. Membantu menurunkan tekanan darah.
  7. Menurunkan kadar kolesterol.
  8. Menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.
  9. Menjaga kesehatan rambut.
  10. Memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil.

Nah ketika anda sudah mengetahui segudang manfaat dari selada air maka mengonsumsi selada air secara rutin tentu akan menjadi cara bagi anda dalam memulai pola hidup yang sehat dan teratur. Sementara itu imbangi pula dengan pola tidur yang berkualitas, olahraga, hingga rutin mengonsumsi air putih sebagai cairan yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Anda akan menuai hasil yang maksimal.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.