Pengetahuan Umum

Bisakah Berhidroponik di Balkon Rumah?

Bisakah berhidroponik dibuat di balkon rumah? Jawabannya tentu bisa. Pasalnya kegiatan hidroponik bisa dibilang sebagai kegiatan menanam tanpa media tanah. Karena itu tidak hanya di balkon rumah saja, berhidroponik sebenarnya juga dapat dilakukan di area yang sempit.

Hidroponik sendiri mengandung pengertian budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Teknik bercocok tanam yang satu ini menggunakan air yang lebih efisien, sehingga sangat cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Namun saat hendak melakukannya, anda perlu menyiapkan sejumlah alat dan bahan untuk kebutuhan hidroponik (baca: Kebutuhan Hidroponik Yang Wajib Kamu Tahu)

Nantinya ketika semua kebutuhan hidroponik telah terpenuhi, anda akan mulai menyemai benih hingga tumbuh dan muncul dua hingga tiga helai daun sejati untuk selanjutnya memulai proses tanam.

Sementara itu kegiatan bercocok tanam hidroponik saat ini memang semakin digandrungi masyarakat, khususnya yang bertempat tinggal di daerah perkotaan. Banyak dari mereka yang memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit untuk berkebun tanpa media tanah. Selain menghasilkan tanaman yang segar, hasil panen yang didapat dari kegiatan hidroponik biasanya lebih besar.

Berikut manfaat berkebun secara hidroponik.

  • Menghemat pemakaian pupuk sebab pemakaiannya pada hidroponik bisa diatur sendiri
  • Siapapun dapat melakukannya (baik orang tua dan kalangan anak muda)
  • Terbebas dari serangan hama serta penyakit tanaman yang asalnya dari dalam tanah
  • Dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki lahan pertanahan (bisa dilakukan di halaman rumah/pekarangan rumah)
  • Tidak tergantung tempat dan musim (luas tanah dan ketinggian tempat)
  • Hasil panen umumnya lebih berat atau lebih banyak sehingga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis

Manfaat hidroponik akan lebih cepat terasa karena tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama menunggu panen. Kualitasnya pun (baik hidroponik sayur maupun buah) memiliki cita rasa yang lebih renyah dan segar dibandingkan dengan cara konvensional.

Nah selain itu, terdapat pula berbagai macam sayuran dan buah yang bisa ditanam secara hidroponik, antara lain:

  1. Selada
  2. Tomat
  3. Semangka
  4. Strawberry
  5. Bayam
  6. Kangkung
  7. Timun Jepang
  8. Paprika
  9. Melon
  10. Sawi
  11. dll

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.