Pengetahuan Umum

Cara Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tahan Lebih Lama

Menerapkan cara menyimpan buah dan sayur yang tepat dapat membuat kondisi buah dan sayur menjadi tahan lebih lama. Terlebih bagi anda yang begitu sibuk dengan pekerjaan sehari-hari sehingga berniat untuk membuat stok di rumah.

Sayur dan buah merupakan dua bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan tubuh selalu memerlukan buah-buahan dan sayur mayur untuk melengkapi nutrisi harian. Dengan demikian saat nutrisi harian sudah terlengkapi dengan baik maka tubuh pun menjadi lebih sehat dan kuat.

Sampai sekarang kulkas memang masih menjadi andalan para rumah tangga untuk menyimpan berbagai jenis makanan. Tapi tetapi tetap saja jika tidak disesuaikan penyimpanannya secara tepat maka bahan makanan tersebut tidak mampu bertahan lebih lama. Berikut cara menyimpan buah dan sayur yang benar.

Cara Menyimpan Buah dan Sayur yang Benar

  • Pisahkan Buah dan Sayur

Beberapa jenis sayuran dan buah menghasilkan gas bernama ethylene. Adapun gas ini bisa membuat produk segar menjadi cepat busuk. Oleh karenanya simpalah buah-buahan seperti pisang, persik, atau alpukat ke masing-masing tempat secara terpisah.

  • Gunakan Aluminium Foil

Aluminium foil bisa anda temukan dan beli di supermaket atau pasar lainnya. Kemudian aluminium foil ini bisa anda gunakan untuk menyimpan seledri agar tetap segar selama disimpan lebih lama.

  • Simpan Sayur dan Buah dalam Keadaan yang Kering

Tips menyimpan buah dan sayur selanjutnya yaitu menyimpannya dalam keadaan yang kering. Untuk hal ini cobalah menyimpannya secara langsung tanpa mencucinya terlebih dahulu. Sesudah itu barulah anda memasukkannya ke dalam kulkas.

  • Membekukan Buah

Jika buah-buahan yang anda beli sudah terlanjur matang, maka untuk menyimpannya supaya lebih tahan lama bisa dilakukan dengan proses pembekuan buah. Potong buah-buahan yang sudah matang lalu simpan ke dalam freezer.

  • Perhatikan Suhu Kulkas

Suhu kulkas juga memainkan peran untuk menyimpan buah supaya lebih tahan lama. Oleh karena itu perhatikan suhu kulkas anda. Idealnya untuk menyimpan buah dan sayur adalah sekitar 3 – 4 derajat celcius.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.