Kelebihan Menanam Secara Hidroponik
Tanaman Hidroponik

Kelebihan Menanam Secara Hidroponik Dibandingkan Konvensional

Terdapat beberapa kelebihan menanam secara hidroponik jika dibandingkan dengan menanam secara konvensional. Salah satu hal yang menjadi keuntungannya adalah kegiatan hidroponik tidak begitu membutuhkan lokasi atau tempat yang luas untuk menanam. Sehingga kegiatan ini banyak sekali digandrungi oleh masyarakat modern atau masyarakat perkotaan dengan lahan sempit.

Sekarang ini masyarakat bahkan banyak memanfaatkan pekarangan rumah meski sempit untuk menanam sayuran hidroponik. Nah agar lebih jelas lagi berikut ini sederet kelebihan menanam secara hidroponik.

Hidroponik Tidak Mengenal Musim dan Tempat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, teknik hidroponik memang tidak mengenal tempat terlebih musim. Pasalnya anomali cuaca saat bercocok tanam secara konvensional bisa menyebabkan petani kesulitan dalam memprediksikan kondisi cuaca, baik dalam memprediksi cuaca beberapa hari ke depan. Dengan demikian sulit pula dalam menentukan waktu tanam terutama untuk tanaman sayur.

Budidaya dengan metode hidroponik akan menggantikan fungsi tanah dengan larutan nutrisi AB Mix guna memenuhi unsur hara. Dalam hal ini petani bisa memodifikasi instalasinya dengan menggunakan green house sehingga dapat digunakan dalam segala kondisi cuaca.

Lebih Bebas dari Organisme Pengganggu Tanaman

Kelebihan menanam secara hidroponik yang boleh anda rasakan selanjutnya yaitu lebih bebas dari organisme pengganggu tanaman. Penggunaan green house bermanfaat untuk melindungi paparan sinar matahari berlebih, hujan yang turun di luar musim, serta sebagai penghalang organisme pengganggu tanaman masuk hingga merusak tanaman. Selain itu metode hidroponik pada umumnya juga menggunakan media tanam seperti arang sekam yang menjadikan cocok tanam lebih bersih bila dibandingkan secara konvensional.

Harga Jual Lebih Tinggi

Harga jual hasil panen hidroponik biasanya jauh lebih tinggi atau menguntungkan ketimbang hasil panen secara konvensional. Bahkan harga jualnya bisa 2 kali lipat atau lebih. Ini karena hasil panen hidroponik lebih besar, berkualitas, dan tidak mengandung pestisida. Oleh karena itu tak sedikit pula yang menjadikan kegiatan hidroponik sebagai ladang bisnis. Selain menguntungkan, hasil panen dari kegiatan bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik juga terkenal lebih sehat.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.