ukuran pipa pvc
Media dan Instalasi

Kiat Memilih Ukuran Pipa PVC yang Tepat Untuk Berhidroponik

Salah satu hal yang sering dipertimbangkan dalam berkebun secara hidroponik adalah memilih ukuran pipa PVC. Karena ukuran pipa PVC dapat mempengaruhi proses tanam maupun hasil panen. Namun bukan hanya itu saja, sebenarnya masih ada begitu banyak lagi pertimbangan yang dipikirkan saat memanfaatkan pipa PVC sebagai peralatan atau sarana instalasi hidroponik.

Mungkin anda akan bertanya-tanya merk pipa apa yang berkualitas bagus dan berapa harganya. Kira-kira berapa potong pipa yang harus dimanfaatkan. Nah untuk membantu anda, berikut ini ada beberapa kiat dalam memilih ukuran pipa PVC dalam berkebun hidroponik.

  • Jenis Pipa Untuk Berkebun

Jenis pipa secara umum matrial selalu menyediakan 2 (dua) jenis pipa PVC yakni tipe AW dan juga tipe D. Untuk tipe AW sendiri biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan pipa tipe D. Hal tersebut lantaran berhubungan dengan kualitas. Akan tetapi bila anda menginginkan pipa yang bisa bertahan lama untuk anda bercocok tanam secara hidroponik maka tidak ada salahnya memilih jenis pipa bertipe AW. Namun begitupun pilihan bergantung kepada anda. Baik tipe D maupun tipe AW, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk bercocok tanam.

  • Ukuran Pipa PVC

Sebagai media instalasi, ukuran tentu penting untuk diperhatikan karena pipa memiliki ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu para petani atau pekebun harus mampu menentukan ukuran pipa yang cocok untuk kegiatan hidroponiknya. Adapun pipa yang paling umum untuk aktivitas berkebun adalah yang berukuran 2,5 inch ke atas.

Untuk kebutuhan hidroponik NFT maupun DFT secara vertikultur, pipa yang biasa digunakan adalah berukuran 2,5 – 3,0 inch. Sementara jika ukuran pipanya 4 inch umumnya dimanfaatkan sebagai tower hidroponik.

  • Merk Pipa Untuk Bercocok Tanam Hidroponik

Untuk hal ini sebenarnya tidak ada acuan khusus. Bahkan jenis pipa juga bukan soal harga untuk kegiatan hidroponik ini. Namun bila anda mencari pipa PVC yang berkualitas bagus dan sudah teruji kualitasnya maka pipa denya bisa memberi solusi untuk anda para petani hidroponik. Sebab pipa denya menyedikan segala kebutuhan perpipaan di Indonesia mulai dari pipa air, pipa gas, maupun pipa ekstruksi.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.