Tanaman Hidroponik

Media Tanam dan Penanaman Tanaman Strawberry Hidroponik

Ada media tanam serta penananam tanaman strawberry hidroponik yang perlu diketahui. Sebab sekarang ini bercocok tanam secara hidroponik memang tengah menjadi tren di perkotaan apalagi yang memiliki lahan sempit. Hal ini karena kegiatan hidroponik bisa menggunakan air sebagai medianya pengganti tanah. Bahkan ada begitu banyak tanaman yang bisa anda tanam secara hidroponik mulai dari buah-buahan hingga sayuran. Salah satu tanaman yang cukup populer untuk ditanaman secara hidroponik adalah buah strawberry.

Persiapkan Media Tanam

Untuk menanam strawberry hidroponik, terlebih dahulu anda harus menyiapkan media tanam strawberry hidropnik. Umumnya bisa menggunakan sekam padi sebagai media tanamnya. Jadi anda perlu menyiapkan sekam yang sudah kering lalu bakar hingga berubah menjadi arang sekam dan berwarna gelap. Kemudian masukkan ke dalam polybag yang berukuran sekitar 50 cm x 50 cm dan juga polybag yang berukuran 20 cm x 18 cm. Masukkanlah arang sekam tadi ke dalam polybag. Lakukan hal ini sampai polybag penuh. Lalu masukkan polybag kecil ke dalam polybag besar. Jangan lupa untuk menekuk bagian atas agar lebih kokoh.

Lakukan Penanaman

Anda dapat melakukan langkah-langkah menanam strawberry dengan 2 cara antara lain sebagai berikut.

  • Menanam dari Tanaman Eksiting

a. Jika tanaman anda buat dengan memanfaatkan polybag maka sobek saja polybag tersebut hingga menyisakan tanaman strawberry beserta media tanamnya. Kemudian pisahkan hingga yang tersisa hanya tanaman strawberry. Namun untuk hal ini anda perlu ketelitian dan kehati-hatian. Siramlah tanaman dengan air.

b. Tanaman tumbuhan strwaberry ke dalam media hidroponik yang anda pilih dan gunakan. Selain itu usahakan pula untuk menyeimbangkan nutrisi dengan kondisi lingkungan. Hal ini supaya tanaman tidak kaget dan berujung mati. Jika anda berniat untuk memindahkan tanaman, maka sore hari adalah waktu yang tepat bagi anda.

  • Menanam dari Sulur

Menanam dari sulur atau solon juga bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam berhidroponik. Namun jika anda memilih cara ini maka pilihlah induk strawberry yang sudah berusia 1 atau 2 tahun. Untuk langkahnya antara lain:

a. Siapkan media tanam, yakni rockwool. Kemudian basahilah rockwool tersebut dan tempatkan saja tanaman strawberru di sana.

b. Tunggulah beberapa hari sambil menjaga kelembaban rockwool hingga akar tanaman muncul. Kemudian jika akar menjadi cukup kuat anda bisa memotong sulur pada pangkal induknya. Pindahkanlah akar tersebut ke media tanam hidroponik yang sudah anda persiapkan.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.