Pengetahuan Umum

Merasakan Manfaat Dari Hidroponik

Merasakan manfaat dari hidroponik adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu bagi petani modern. Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam namun terkendala karena tidak memiliki lahan, budidaya tanaman hidroponik ini sangatlah tepat sebagai solusi sebab tidak selalu membutuhkan banyak tempat. Ciri umumnya adalah buah atau sayuran yang dihasilkan dari tanaman hidroponik lazimnya lebih segar dan besar sehingga cukup banyak diminati oleh masyarakat.

Tapi bukan hanya bagi manusia, hidroponik juga bermanfaat bagi lingkungan loh. Mari kita simak pembahasannya.

Manfaat Hidroponik Bagi Kehidupan Manusia

Sebenanya ada banyak manfaat dari hidroponik yang ditawarkan. Salah satunya yaitu harga jual tanaman hidroponik lebih tinggi dari pada tanaman dengan teknik konvensional. Hal ini dikarenakan tanaman hidroponik lebih terjamin kebebasannya dari hama/penyakit tanaman. Selain itu juga kegiatan ini cukup menyenangkan untuk melatih kreasi dan inovasi sendiri.

Berikut manfaatnya.

– Menghemat pemakaian pupuk sebab pemakaiannya pada hidroponik bisa diatur sendiri

– Siapapun dapat melakukannya (baik orang tua dan kalangan anak muda)

– Terbebas dari serangan hama serta penyakit tanaman yang asalnya dari dalam tanah

– Dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki lahan pertanahan (bisa dilakukan di halaman rumah/pekarangan rumah)

– Tidak tergantung tempat dan musim (luas tanah dan ketinggian tempat)

Manfaat Hidroponik Bagi Lingkungan

Bagi lingkungan, tanaman hidroponik juga ada manfaatnya yakni:

Menyejukkan udara

Tanaman hidroponik dapat menjadikan udara jadi lebih sejuk karena metode cocok tanam ini dikenal ramah lingkungan. Resiko tanaman terserang hama juga sangat kecil bahkan tidak ada. Oleh karena itu tidak diperlukan lagi penggunaan bahan-bahan pestisida dalam upaya penanggulangan penyakit tanaman, sehingga udara di sekitar menjadi terasa sejuk dan segar.

Meminimalisir polusi udara

Sistem hidroponik bisa diterapkan di daerah perkotaan yang mempunyai tingkat pencemaran udara lebih tinggi. Lahan berukuran luas tidak dibutuhkan lagi sebab sistem hidroponik dapat diaplikasikan pada lahan sempit termasuk di halaman rumah sendiri. Dan seiring pentingnya menyadari bahwa hampir setiap hari polusi udara di lingkungan sekitar terus meningkat akibat dari pembakaran hutan, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan lain sebagainya, bertanam tanaman hidroponik akan mampu menangkal  radikal bebas dari polusi udara. Menjaga kesehatan sangatlah penting.

Menambah kadar oksigen di udara

Selain dapat menyejukkan udara dan meminimalisir polusi udara, manfaat tanaman hidroponik yang ketiga bagi lingkungan adalah menambah kadar oksigen di udara. Tentunya oksigen harus tercukupi bagi tubuh, karena semakin banyak kandungan oksigen yang tersedia pada suatu lingkungan, kualitas kesehatan manusia bisa ditingkatkan.

Manfaat Hidroponik Bagi Tubuh

Kecenderungan konsumen saat ini untuk mengkonsumsi sayuran dan buah hidroponik terus meningkat seiring dengan gaya hidup sehat yang berkembang. Sayuran dan buah hidroponik ini pun seringkali diklaim lebih sehat dibandingkan budidaya konvensional karena tidak mengandung pestisida.

Jadi apa saja sih tanaman yang bisa dijadikan sebagai tanaman hidroponik?

Tomat

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Soanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa, ciri tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Manfaat tomat adalah sebagai berikut.

– dapat mencegah kanker

– melindungi jantung

– mencegah diabetes

– merawat kulit

– dapat mengurangi depresi

– meningkatkan penglihatan

– memperbaiki sistem pencernaan

– melawan peradangan

– mencegah infeksi saluran kemih

Perlu diingat sebelum memakan tomat, cucilah telebih dahulu dengan air bersih.

Selada

Selada cukup populer dijumpai pada buger, hotdog, maupun salad. Selain daripada itu selada termasuk ke dalam satu jenis lalapan yang bisa digunakan sebagai penambah estetika makanan. Tak disangka, manfaat selada cukup banyak, diantaranya:

– meningkatkan sistem kekebalan tubuh

– menyehatkan jantung

– mencegah pengeroposan tulang

– menyehatkan mata

– baik bagi ibu hamil

– membantu penurunan berat badan

– mengatasi insomnia

– membuang racun dalam tubuh

– mengontrol gula darah

Kangkung

Sering dibuat sebagai tumis, kangkung adalah sejenis sayuran yang rendah kalori yang banyak dijual di pasar dan harganya cukup murah. Tumbuh di kasawan yang berair, sayuran ini juga dapat dimakan secara langsung sebagai lalapan setelah dicuci. Beragam khasiat/manfaat kangkung antara lain:

– meningkatkan daya tahan tubuh

– menjaga penglihatan

– sebagai rekomendasi makanan bagi penderita anemia

– mencegah potensi kanker

– mencegah terjadinya kerusakan organ hati

– mengatasi insomnia

– melindungi tubuh dari penyakit jantung

– bisa menyerap kelebihan gula darah bagi para penderita diabetes

– memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah dan membuat kulit terlihaat glowing

Sawi

Sayur sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Hal ini membuat jenis sawi ada banyak.

Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau yang disebut juga dengan nama sawi bakso, caisim, atau caisin. Selain itu, terdapat pula sawi putih yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain adalah kailan yang agak berbeda karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Kemudian sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.

Manfaat sawi:

– sumber vitamin dan mineral

– kaya anti oksidan

– membantu detoks tubuh

– mencegah kanker

– bersifat anti-inflamas

Semangka

Tak hanya sayur mayur, buah juga dapat dijadikan secara hidroponik loh. Berbentuk bulat dengan khas kulit buah yang cukup tebal, ada daging di dalamnya yang bisa disantap saat udara sedang terik. Rasa manis serta kaya kandungan air. Berikut manfaatnya.

– menyehatkan jantung

– menjaga kesehatan kulit dan rambut

– membantu mengurangi nyeri otot

– mempertahankan hidrasi

– mengurangi proliferasi dari sel kanker

Bunga Mawar

Merasakan manfaat dari hidroponik bukan tergantung pada jenis tanaman sayur dan buah saja, bunga pun bisa. Seperti bunga mawar. Perempuan sangat akrab dengan bunga mawar. Selain harumnya yang semerbak, bentuknya sangatlah indah dan memantik penglihatan. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Wah… Lalu apa manfaatnya bagi tubuh?

– sebagai antiseptik

Mawar dipercaya mampu untuk membantu mengurangi pendarahan. Selain itu, mawar juga memiliki kemampuan antibakteri sehingga dapat mencegah infeksi yang mungkin dapat terjadi jika luka tidak dibersihkan dengan segera.

– antioksidan

Manfaat bunga mawar sebagai antioksidan paling banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini.

– relaksasi

Cocok dijadikan sebagai aroma terapi.

– baik untuk sistem pencernaan

Bunga mawar juga dipercaya efektif untuk dijadikan sebagai obat pencahar alami sehingga dapat mengatasi masalah sembelit. Di sisi lain, kemampuan bunga mawar untuk mengeluarkan racun membuatnya cocok juga untuk dijadikan obat diare.

Bunga mawar juga sebenarnya dapat dikonsumsi secara langsung, namun hal ini tidak umum dilakukan di Indonesia. Cara membedakan bunga mawar yang dapat dikonsumsi adalah dengan mencium aromanya. Jika aromanya membuat tidak nyaman, sebaiknya jenis mawar tersebut jangan dikonsumsi.

Demikianlah manfaat dari hidroponik yang dapat kami sajikan. Mudah-mudahan menjadi referensi bagi anda semua yang sedang atau ingin memutuskan untuk berbudidaya tanaman hidroponik di sekitar rumah anda. HAPPY FARMING! Selamat merasakan manfaatnya.

Berbagi ke teman !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.